Jumat, 11 Januari 2013

Ezra, Seorang Imam dan Ahli Taurat

Ezra, Seorang Imam dan Ahli Taurat
Ezra, Seorang Imam dan Ahli Taurat

Ezra artinya "Allah menolong", menjabat tahun 480 – 440 SM, ia adalah imam dan ahli Taurat Yahudi. Karena itu dia disebut sebagai Ezra, ahli kitab. 

Menurut Kitab Ezra di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, dia berangkat dari Babel bersama orang-orang buangan, yang meliputi para imam dan orang-orang Lewi untuk mengajarkan kembali hukum Taurat di Yerusalem (Ezra 7 - 10 dan Nehemia 8). 

Hal itu terjadi di zaman pemerintahan Artahsasta, raja Persia pada tahun 458 SM. Menurut Kitab 1 Esdras, sebuah kitab deuterokanonika, dia juga seorang Imam Besar Yahudi.

Namanya mungkin adalah singkatan dari bahasa Ibrani: Azaryahu, artinya "Yahweh menolong". Dalam Alkitab bahasa Yunani Septuaginta namanya ditulis sebagai Esdras, yang kemudian menjadi bahasa Latin: Esdras.

Dia diyakini menulis Kitab Ezra yang mencatat kepulangan berbagai rombongan orang-orang Yahudi dari pembuangan di Babel kembali ke Yerusalem (Ezra 8:2-14), dimana kemudian dia mengajarkan bangsa itu untuk menuruti hukum Taurat dan menyucikan diri dari perkawinan campur dengan bangsa-bangsa bukan Yahudi.

Kepulangan orang-orang Yahudi buangan yang kembali dari Babel ke Yerusalem terjadi tiga kali, yaitu:
a) Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Koresh, raja Persia pada tahun 538 SM. Bait Allah atau Rumah Tuhan di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan pada tahun 537 SM (Ezra Pasal 1-6).
b) Kelompok Yahudi lain rombongan kedua kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Tuhan. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel, mulai pada tahun 458 SM (Ezra Pasal 7-10)
c) Nehemia kemudian memimpin rombongan ketiga, tahun 444 SM, ia kembali dan membangun tembok di sekeliling Yerusalem (Nehemia 1 - 6)


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Ezra
http://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_Ezra

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar