Selasa, 01 Mei 2012

Buah-buahan


1. Buah dalam pengertian Botani

Buah-buahan
Buah-buahan

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.

Pada banyak spesies tumbuhan, yang disebut buah mencakup bakal buah yang telah berkembang lanjut beserta dengan jaringan yang mengelilinginya. Bagi tumbuhan berbunga, buah adalah alat untuk menyebar luaskan biji-bijinya; adanya biji di dalam dapat mengindikasikan bahwa organ tersebut adalah buah, meski ada pula biji yang tidak berasal dari buah.

Dalam batasan tersebut, variasi buah bisa sangat besar, mencakup buah mangga, buah apel, buah tomat, cabai, dan lain-lain. Namun juga bulir padi, 'biji' jagung, atau polong kacang tanah. Sementara, dengan batasan ini, buah jambu monyet atau buah nangka termasuk sebagai buah semu.

2. Buah dalam pengertian Hortikultura atau Pangan


Buah dalam pengertian hortikultura atau pangan merupakan pengertian yang dipakai oleh masyarakat luas. Dalam pengertian ini, batasan buah menjadi longgar. Istilah "buah-buahan" dapat digunakan untuk pengertian demikian. Buah-buahan adalah setiap bagian tumbuhan di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan biasanya berdaging atau banyak mengandung air.

Dapat dijumpai, buah sejati dalam pengertian botani yang digolongkan sebagai sayur-sayuran, seperti buah tomat, buah cabai, polong kacang panjang, dan buah ketimun. Namun demikian, dapat dijumpai pula, buah tidak sejati atau buah semu yang digolongkan sebagai buah-buahan. Contoh buah semu adalah buah jambu monyet yang sebetulnya merupakan pembesaran dasar bunga, pada jambu monyet buah yang sejati adalah bagian ujung yang berbentuk seperti monyet membungkuk. Pada buah nangka, buah semu adalah pembesaran tongkol bunga, sedangkan buah sejati adalah isi buah nangka yang berwarna putih, bergetah, sedangkan bagian 'daging buah' yang dimakan orang adalah tenda bunga.  Buah nanas juga termasuk buah semu.

3. Buah-buah Roh


a. Buah dalam Peribahasa Indonesia

Ada peribahasa yang berkaitan dengan buah, yaitu: 
(1) Buah yang manis biasanya berulat, artinya : Kata-kata yang manis biasanya dapat menyesatkan atau menjerumuskan. 
(2) Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, digunakan untuk menggambarkan bahwa sifat-sifat dan nilai-nilai yang dianut oleh orang tua menurun kepada anak-anaknya.

b. Buah-buah Roh menurut Galatia 5 : 16 – 26

Buah-buah Roh
Buah-buah Roh

Kutipan Galatia 5 : 16 – 26 mengenai buah-buah Roh adalah sebagai berikut: 16 hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 18Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.   19Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,   20penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.   22Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 24Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.   25Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,   26dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.


Sumber:
Gambar oleh Google Images
http://id.wikipedia.org/wiki/Buah
http://alkitab.or.id/cgi-bin/alkitab.cgi

Baca juga:

Makanan dan Minuman dalam Alkitab

01

Roti, makanan favorit untuk pesta

02

Garam Dapur

03

Buah-buahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar