Jumat, 16 September 2011

Kisah Ishak


Ishak adalah anak Abraham dari istrinya Sara. Melalui keturunan Ishak inilah lahir bangsa Israel yang kelak akan mewarisi tanah Kanaan dari Abraham. Menurut agama Yahudi dan Kristen, Ishak adalah anak yang hendak dikorbankan oleh Abraham kepada Allah di Bukit Moria sebagai bukti ketaatan Abraham kepada-Nya (Kejadian 22). 

Sesaat sebelum Abraham hendak mengorbankan Ishak, Allah memberikan Abraham pengganti untuk Ishak yaitu seekor domba jantan untuk dijadikan sebagai kurban. Tempat itu lalu dinamainya dengan Tuhan menyediakan.

Ishak memberkati Yakub yang dikira Esau
Ishak memberkati Yakub yang dikira Esau

Ketika beranjak dewasa, Ishak menikah dengan Ribka, anak perempuan Betuel, cucu Nahor, yang masih kerabat Abraham (Kejadian 24). Dari istrinya, Ishak mendapatkan dua orang anak kembar, yaitu Esau dan Yakub yang wataknya sangat berlainan. 

Keturunan mereka kemudian melahirkan dua bangsa, yaitu Edom dan Israel. Pada masa tua Ishak, Yakub dengan bantuan Ribka, ibunya, berhasil memperdayai Ishak dan mengambil alih hak kesulungan Esau (Kejadian 27).

Ishak meninggal dalam usia 180 tahun dan dikuburkan bersama leluhurnya, di Gua Makhpela bersama dengan tempat penguburan Abraham seperti yang dijelaskan dalam Alkitab sebagai berikut: ...di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre... (Kejadian 25:9; Kejadian 49:31).

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ishak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar