Selasa, 19 Juni 2012

Lidia dari Tiatira


Lidia dari Tiatira
Lidia dari Tiatira
1. Identitas Lidia

Lidia dari Tiatira adalah salah satu tokoh perempuan dalam Alkitab, khususnya dalam bagian Perjanjian Baru, pada kitab Kisah Para Rasul

Ia dikenal sebagai penjual kain ungu. Perempuan ini bukanlah seorang dari bangsa Israel, melainkan ia adalah seorang Yahudi. Gadis ini tinggal di Tiatira, yaitu sebuah kota kecil yang terletak di Asia Kecil

Ia bertemu dengan Paulus dan Silas ketika Paulus dan Silas hendak memberi pengajaran tentang Kristus di kota Filipi.

Awalnya, kota tersebut belum mengenal Kristus dan belum mendapatkan pengajaran tentang Kristen. Ia tertarik dengan pengajaran yang diberikan oleh Paulus dan Silas tersebut dan mendengarkannya dengan baik. 

Pengajaran yang diberikan oleh Paulus membuatnya memilih untuk menjadi seorang Kristen. Akhirnya, perempuan ini memutuskan untuk dibaptis beserta seisi rumahnya. Setelah itu, ia memberi tumpangan kepada Paulus dan pengikutnya untuk tinggal semalam di rumahnya. Ia adalah seorang Eropa pertama yang bertobat dan memberi diri dibaptis oleh pengajaran Paulus di wilayah Eropa, khususnya di kota Filipi.


2. Literatur Alkitab

Catatan Alkitab tentang Lidia dapat kita baca dari Kisah Para Rasul 16: 13 – 15, demikian kutipannya: 

13Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.   14Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.   15Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: ''Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.'' Ia mendesak sampai kami menerimanya.

Sumber:
Gambar dari Google Images
http://id.wikipedia.org/wiki/Lidia
http://alkitab.or.id/cgi-bin/alkitab.cgi

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar