Sabtu, 16 Juni 2012

Filemon dan Onesimus

Pemulihan "Persaudaraan" Filemon dan Onesimus
Pemulihan "Persaudaraan" Filemon dan Onesimus

1. Hubungan Tuan dan Hamba yang retak

Filemon dalam bahasa Yunani berarti penuh kasih, adalah seorang warga kota Kolose. Di Kolose, Filemon merupakan orang yang terkemuka dan memiliki banyak budak. Salah satu budak yang bekerja kepada Filemon adalah Onesimus.

Hubungan antara Filemon dengan Onesimus sempat kurang baik karena Onesimus pergi melarikan diri dari Kolose dan membawa harta milik Filemon (Filemon 1: 17-19).

2. Pemulihan ”Persaudaraan” Tuan dan Hamba

Onesimus bertobat berkat pengajaran Paulus. Surat Paulus kepada Filemon adalah satu-satunya surat pribadi yang masuk ke dalam kanon Perjanjian Baru

Rasul Paulus melalui suratnya meminta Filemon agar memaafkan Onesimus dan menerima Onesimus kembali. Tidak hanya itu, Paulus juga meminta Filemon agar menerima Onesimus dengan status yang tidak lagi budak tetapi saudara terkasih. 

Selain itu, Paulus juga membujuk Onesimus sendiri untuk kembali kepada Filemon yang merupakan tuannya. Di dalam surat kepada Filemon ini, Paulus ingin menekankan persamaan derajat semua orang (Filemon 1: 8 – 22).

Surat Paulus kepada Filemon ini sangat pendek dan tidak memaparkan doktrin-doktrin iman Kristen. Akan tetapi surat ini memberikan petunjuk mengenai bagaimana menjalani kehidupan sebagai orang Kristen terutama dalam hubungannya dengan sesama. 

Surat ini memuat ajakan untuk memperlihatkan kasih dan iman sebagai ciri dari sikap hidup orang Kristen kepada sesama. 

Onesimus menceritakan kepada Paulus dan orang-orang banyak mengenai kasih dan iman Filemon. Kemudian dasar Paulus mengutarakan permohonan kepada Filemon juga berdasarkan oleh kasih yang ada di antara mereka. 

Paulus juga menginginkan Filemon dapat menerima kembali Onesimus, mengampuninya dan mengasihinya. Kasih yang diinginkan oleh Paulus adalah kasih yang tidak mengenal batas sosial. Meskipun Onesimus adalah seorang hamba atau budak tetapi tetap harus dikasihi sebagai sesama orang Kristen.

Melalui surat ini, Paulus menekankan mengenai persaudaraan orang-orang percaya. Bagi Paulus semua orang yang percaya kepada Kristus adalah saudara. Persaudaraan yang terjalin adalah berdasarkan kasih dan imanPaulus juga meminta Filemon agar Onesimus diterima kembali sebagai saudara. Onesimus yang tadinya tidak berguna bagi Filemon telah berubah menjadi orang Kristen yang berguna bagi Filemon dan Paulus sendiri.

Di abad pertama Masehi perbudakan merupakan suatu hal yang wajar. Dalam hal ini Paulus tidak bermaksud untuk menghilangkan konsep perbudakan yang sudah ada. Namun demikian, Paulus ingin menekankan hubungan antara tuan dan hamba. Menurutnya hubungan antara tuan dan hamba adalah sebagai saudara di dalam Kristus

Seorang tuan harus memberikan kemerdekaan atau kebebasan bagi hambanya. Paulus memohon kepada Filemon untuk memberi kebebasan dan menerima Onesimus kembali lebih dari sekadar hamba, tetapi saudara.


Sumber:
Gambar dari google images
http://id.wikipedia.org/wiki/Filemon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar